TUKANGKREK

Tukangkrek adalah Media informasi teknologi dan info kehidupan manusia serta download software dan kumpulan tips trik komputer, semua nya berisi mengenai teknologi terbaru dan terupdate.

2 Cara Merubah File PDF ke Word

Cara Merubah PDF ke Word

File dengan format atau ekstensi dot pdf (.pdf) menurut saya pribadi memiliki beberapa kekurangan dibanding dengan file dengan ekstensi lain seperti dot doc (.doc) karena pada file PDF kita tidak bisa mengedit tulisan atau yang lebih parah lagi terkadang ada file PDF yang diproteksi sehingga kita tidak bisa mengcopy tulisan yang ada di dalamnya. Padahal tujuan dari mengcopy itu tidak selalu untuk berniat buruk (semoga).

Dan merubah pdf ke word lah, salah satu solusi agar kita bisa melakukan pengeditan pada File PDF tersebut. Kenapa saya bilang salah satu ? karena memang selain dengan cara merubah pdf ke word, masih banyak cara lain yang bisa kita gunakan untuk mengedit PDF, misalnya dengan mengubahnya menjadi file yang berbasi Text (.txt) atau bisa juga mengubahnya menjadi file Power Point (.pptx). Intinya banyak jalan menuju roma.

Namun sesuai judul diatas, saya hanya akan memberitahukan 2 Cara Merubah File PDF ke Word saja. Kenapa saya membagikan 2 cara ? sejatinya adalah karena saya ingin memberikan pilihan Anda, mau merubah secara gratis tapi sedikit repot, atau mau yang cepat namun berbayar ? nanti silahkan tentukan pilihan Anda.

  1. Ubah PDF ke Word tanpa Software ( Gratis )
  2. Ubah PDF ke Word dengan Software ( Berbayar )

Karena saya orang Indonesia, maka saya paham betul apa yang menjadi kesukaan masyarakat Indonesia, yap mereka suka sekali hal-hal yang berbau Gratis, untuk itu yang pertama kita bahas terlebih dahulu cara merubah pdf ke word yang pertama, yaitu tanpa software dan dilanjut ke pembahasan kedua dengan software.

Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software


Jika tanpa software maka apa alat atau tool apa yang akan kita gunakan untuk mengubah PDF ke Word ? jawaban dari pertanyaan tersebut adalah dengan menggunakan tool online yang bernama PDF Online. Meskipun ini tool online, namun fungsi atau fiturnya tak kalah dengan tool atau software offline, karena memang terdapat banyak sekali fiturnya, dan salah satunya adalah PDf to Word Converter yang akan mengubah pdf ke word secara gratis hanya dengan mengupload file PDF.

Oke  saya rasa cukup penjelasan mengenai PDF Online, sekarang kita bahas bagaimana cara mengubah file PDF menjadi Word hanya dengan satu klik saja.

  1. Silahkan buka http://www.pdfonline.com/pdf-to-word-converter/

    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software gambar 1
    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software (Gbr. 1)

    Jika halaman tersebut sudah terbuka, maka Anda akan melihat banyak sekali fitur, antara lain ada 'PDF to Word Online' dan 'Word to PDF Online' tidak perlu bingun, langkah Anda selanjutnya adalah cukup cari dan klik tombol yang bertuliskan Upload a File to Word.

  2. Pilih file PDF yang akan diubah ke Word

    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software gambar 2
    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software (Gbr. 2)

    Sebagai contoh saya akan mengupload file tentang pengunguman kelulusan yang namanya sudah saya rubah jadi berguruseo.pdf sekalian untuk memberi watermark, hehe. Sekedar informasi bahwa kita hanya bisa mengupload satu file saja, jadi tidak bisa multi upload.

  3. Tunggu hingga proses Upload selesai

    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software gambar 3
    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software (Gbr. 3)

    Lama atau cepatnya proses upload file PDF ini tergantung banyak hal, seperti ukuran file dan juga kecepatan internet Anda, semakin besar file PDF maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk meng-convert-nya.

  4. Klik Download dan silahkan pilih jenis File

    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software gambar 4
    Cara Mengubah File PDF ke Word tanpa Software (Gbr. 4)

    Setelah proses upload selesai, maka kita akan dibawa ke halaman baru, dan dihalaman ini akan terpampang demo jika nantinya file tersebut dibuka di Microsoft Word. Anda bisa mengcopy demo tersebut dan mempastenya di Word, namun akan lebih baik jika Anda mengklik tombol Download, yang akan memberikan 3 Pilihan file untuk didonwload :

    • Word file
    • PDF file
    • HTML files

    Jika Anda memilih word file, maka Anda akan mendapatkan file yang berformat atau berkestensi .rtf sementara jika memilih yang poin ketiga (html) maka Anda mendapatkan file zip yang didalamnya terdapat 3 file sekaligus yaitu (.jpg), (.pdf) dan (.html).

Cukup mudah bukan ? namun sedikit menguras waktu, karena kita harus mengupload ulang file PDF. Namun itu tidak menjadi masalah selama file PDF yang akan diconvert memiliki size atau ukuran yang kecil dan ditambah kita memiliki koneksi internet yang cepat.

Kelebihan :

  • Tanpa perlu download atau install Software
  • Tanpa biaya alias Gratis

Kelemahan :

  • Lama, karena harus upload file PDF
  • Tidak selalu berhasil jika file PDF berukuran besar

Cara Merubah File PDF ke Word dengan Software


Software yang akan kita gunakan untuk merubah PDF ke Word adalah Adobe Acrobat Pro meskipun sebenarnya Anda juga bisa menggunakan Adobe Reader. Dan mungkin Anda akan bertanya 'apakah saya bisa juga mengubah pdf ke word dengan Foxit Reader ?' tidak Anda tidak bisa, meskipun namanya sama-sama 'reader' namun fitur dari kedua software ini berbeda, termasuk harga yang ditawarkan juga berbeda dimana Adobe Reader adalah software berbayar, sementara Foxit Reader adalah Freeware atau software gratis.

Cara mengubah file pdf ke word dengan adobe reader ini bisa dibilang akan lebih mudah dan tentunya lebih cepat ketimbang kita menggunakan PDF Online, apalagi file PDF yang akan dirubah memiliki ukuran yang besar, maka akan jauh lebih cepat lagi. Untuk cara mengubahnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Buka PDF dengan aplikasi Adobe Acrobat

    Cara Merubah PDF ke Word dengan Software gambar 1
    Cara Merubah PDF ke Word dengan Software (Gbr. 1)

    Langkah pertama adalah membuka Adobe Acrobat, jika Anda belum mempunyai aplikasinya silahkan download free trialnya terlebih dahulu di situs resminya, atau jika tidak mau repot mencari silahkan Anda klik disini http://www.adobe.com/products/acrobatpro.html

  2. Klik File lalu pilih ke Word Document

    Cara Merubah PDF ke Word dengan Software gambar 2
    Cara Merubah PDF ke Word dengan Software (Gbr. 2)

    Lebih jelasnya, silahkan Anda klik File > Save as > Microsoft Word > Word Document. Tunggu sebenar hingga muncul sebuah Pop Up.

  3. Klik Save

    Cara Merubah PDF ke Word dengan Software gambar 3
    Cara Merubah PDF ke Word dengan Software (Gbr. 3)

    Akan muncul pop up seperti gambar diatas, langkah Anda selanjutnya adalah mengklik tombol Save untuk menyimpan file PDF menjadi file DOCX.

Selain cara merubah file PDF ke Word menggunakan Adobe Acrobat, sebenarnya Anda juga bisa memakai aplikasi Adobe Reader, namun sayangnya jika menggunakan Adobe Reader diperlukan koneksi internet, berbeda dengan Adobe Acrobat yang bisa mengubah file PDF ke Word secara Offlin atau tanpa perlu terhubung ke Internet.

Sekedar informasi saja, bahwa selain merubah file PDF ke Word, Adobe Acrobat Pro juga mampu melakukan hal sebaliknya, yaitu merubah Word ke PDF. Sekian dari saya, semoga berhasil.
0 Komentar untuk "2 Cara Merubah File PDF ke Word"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info